-->

Selasa, 06 Juni 2017

author photo
Ibarat memiliki sebuah rumah baru akan tetapi tidak tau seluk beluk dari bagian-bagian rumah tersebut, Tak kenal maka tak sayang mungkin ungkapan itu bisa di terpakan pada seorang blogger pemula. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagian-bagian serta fungsi dari Dashbord blog.


Well, ibarat memiliki sebuah rumah baru akan tetapi tidak tau seluk beluk dari bagian-bagian rumah tersebut, Tak kenal maka tak sayang mungkin ungkapan itu bisa di terpakan pada seorang blogger pemula. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagian-bagian serta fungsi dari Dashbord blog.

Seperti yang sudah kita ketahui ketika login ke blog tampilan pertama yang kita temui adalah tampilan dashbord dari blog tersebut. Yuk langsung saja kita bahas...
Setelah sobat login blogspot, langsung saja sobat klik salah satu blog yang sudak sobat buat. kemudian sobat akan masuk ke dalam dashbord blog dan menemukan beberapa bagian, namun taukah sobat fungsi dari bagian-bagian tersebut?
Apabilah sobat masih belum mengetahuinya, kita akan sedikit menjabarkan bagian-bagian tersebut beserta fungsinya.

Lihat  juga : 

Inilah Bagian & Fungsi Dashboard Blogspot / Blogger Terbaru 2019



  1. Logo Blogger. Apabila kita kllik logo tersebut, maka kita akan terhubung ke halaman awal blogspot atau halaman home.
  2. Nama Blog (catatanboed). Tombol ini akan menampilkan daftar blogspot yang sobat miliki dalam bentuk dropdown, dan dapat sobat gunakan untuk membuat blog baru.
  3. Lihat Blog. Apabila kita klik tombol ini, sobat akan terhubung ke halaman URL Blog yang sedang aktif.
  4. Entri Baru. Tombol ini dapat sobat gunakan untuk memulai menulis artikel baru yang akan di publikasikan di blog sobat.
  5. Search. Dapat sobat gunakan untuk mencari artikel dari kumpulan artikel yang sobat miliki.
  6. Pos. Bagian ini berfungsi untuk mengelola postingan blog, sehingga sobat dapat melihat daftar artikel, merubah, menghapus dan menyimpan tulisan sebagai draf. didalamnya terdapat 3 bagian : Semua, Draf dan diterbitkan.
  7. Statistik. Bagian ini berfungsi untuk mengetahui rincian statistik blog. di dalamnya terdapat 4 bagian : Ikhtisar, Pos, Sumber Lalu lintas, dan Pemirsa.
  8. Komentar. Bagian ini berfungsi untuk mengelola komentar pada blog. pada baigan ini sobat dapat melihat komentar yang sudah diterbitkan atau yang perli di moderasi dan komentar yang masuk di bagian spam. Didalamnya terdapat 2 bagian : Diterbitkan dan spam.
  9. Penghasilan. Bagian ini berfungsi untuk memilih opsi apakah blog sobat ingin bergabung sebagai publishir google adsense dengan menempatkan kode iklan adsense di dalam blog sobat.
  10. Kampanya. Bagian ini berfungsi untuk membantu meningkatkan blog sobat dengan cara beriklan menggunakan Google Adwords.
  11. Laman. Bagian ini berfungsi untuk mengelola halaman blog, Sehingga sobat dapat membuat, merubah, menghapus halaman statis blog dan dapat menyimpan halaman statis sebagai draf.
  12. Tata Letak. Bagian ini berfungsi untuk mengatur dan mengelola tata letak blog dan pada bagian ini sobat bisa menambahkan widget untuk mempercantik blog sobat.
  13. Tema. Bagian ini berfungsi untuk mengetahui mengatur dan mengelola template blog. pada bagian ini kalian dapat backup template dan bisa upload ulang template saat template blog sobat error. sobat juga bisa menyisipkan kode atau script ke dalam template blog agar blog sobat semakin cantik dilihat.
  14. Setelan. Bagian ini berfungsi untuk melakukan pengaturan pada blog sobat. seperti : melakukan pengaturan dasar, pos, komentar, berbagi, email, bahasa & pemformatan, preferensi penelusuran, lainnya dan setelan pengguna.
  15. Digunakan untuk menampilkan daftar artikel yang sobat miliki pada blog yang sedang aktif.
Itulah sedikit informasi tentang mengenal bagian dashboard Blog Terbaru di blogspot beserta fungsinya yang telah kita bahas bersama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, terima kasih telah berkunjung dan Happy Blogging :)
Next article Next Post
Previous article Previous Post