-->

Selasa, 10 Oktober 2017

author photo
Bagaimana kalau Android Marshmallow sobat tidak ada format sebagai internal? seperti kasus yang saya alami, Saya menggunakan merek smartphone Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL. Sebagai vendor fitur Adoptable Storage memang disembunyikan, jadi kalo yang gak ada tombol "format sebagai internal" tenang aja, tinggal ikuti langkah berikut untuk memunculkannya.

Well, Android marshmallow memiliki fitur Adoptable storage yaitu dimana SD Card Eksternal bisa dijadikan memori internal tambahan, lumayan kan untuk melegakan memori internal tanpa harus root.

Setelah kesana kemarin akhirnya ketemu juga ni bagaimana cara agar memori internal Android marshmallow lega, sebenarnya cukup mudah yaitu hanya dengan merubah metode penyimpanan portable menjadi penyimpanan internal.

Sayangnya, fitur ini memiliki kelebihan dan kelemahan, kelebihannya tentu saja memori internal kita jadi lebih lega dan salah satu kelemahannya yaitu sdcard yang diubah menjadi memori internal akan di enkripsi, jadi jika sdcard dipindahkan ke perangkat lain gak bakalan terdeteksi.

Cara ubah SD Card menjadi memori internal

Pastikan SD Card kita menggunakan minimal class 10 keatas, dibawahnya kemungkinan malah jadi lemot :D . ini akan menghapus semua data pada SD Card. so, backup/pindahkan dulu file yang ada di dalamnya.

Pertama, Masuk ke setting/pengaturan kemudian menuju ke penyimpanan & USB > pilih sdcard. Setelah masuk di sdcard pilih titik 3 pojok kanan atas lalu pilih setelan.
 
Kedua, Pilih format sebagai internal > hapus & format. Tunggu sampai proses format selesai.
 
Done, SD Card sobat sudah berhasil menjadi memori internal.
Note: Untuk mengembalikannya lagi ke awal micro sdcard harus diformat lagi menjadi penyimpanan portable. Dan ingat tidak semua apps bisa dipindahkan, hanya beberapa yang bisa. itu tergantung dari developernya juga sih...

Nah, Bagaimana kalau Android Marshmallow sobat tidak ada format sebagai internal? seperti kasus yang saya alami, Saya menggunakan merek smartphone Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL. Sebagai vendor fitur Adoptable Storage memang disembunyikan, jadi kalo yang gak ada tombol "format sebagai internal" tenang aja, tinggal ikuti langkah berikut untuk memunculkannya.

Cara memunculkan Tombol "Format sebagai Internal"

ADB (Android Debugging Bridge) sering digunakan untuk mengambil log (logcat), mengakses root, menghapus file dan lain-lain. Ibaratnya, ADB menjadi jembatan penghubung akses antara OS PC dan OS Android untuk berkomunikasi.

Langkah pertama untuk menggunakan ADB adalah dengan mengaktifkan USB Debugging di Android, dengan cara pergi ke setting/pengaturan > pilih about/Tentang. > Software Information
Kemudian pada piliha software information terdapat beberapa pilihan, tekan Build Number sebanyak 3x hingga pesan "you are developer".

Cek kembali di menu setting, apakaah menu Developer Options sudah muncul atau belum. Jika belum ulangi langkah sebelumnya, jika sudah langsung saja pilih menu tersebut. dan slide kebawah sampai ketemu Opsi "Debugging" dan aktifkan "USB Debugging" jika ada permintaan izin, silahkan pilih OKE.

Hubungkan Smartphone sobat ke PC dengan menggunakan USB.
Download aplikasi ADB Driver Installer
Jalankan dan klik Install, Jika berhasil, warna akan berubah menjadi HIJAU
 
Android sudah siap untuk dites otorisasi ADB.
Selanjutnya adalah menggunakan ADB, cara di atas adalah langkah awal sebelum menggunakan ADB di Command Prompt.
  1. Pertama, Download ADB Kit. Klik link ini http://adbshell.com/downloads lalu ekstrak.
  2. Pada folder adb tool yang sudah kita ekstrak, tekan shift + klik kanan > open command windows here, untuk membuka cmd
  3. Ketikkan adb devices untuk mengecek apakah ponsel sudah terhubung, berikan izin akses, biasanya akan muncul popup di ponsel untuk meminta izin/permission.
  4. ketikkan adb shell sm set-force-adoptable true terus enter.
  5. Tunggu hingga proses selesai.
Boomm!!... tombol "format sebagai internal" sudah ada, langkah selanjutnya tinggal memformat micro sdcard menjadi memori internal seperti cara diatas tadi.
Oke, itu tadi cara merubah sdcard menjadi memori internal. Semoga bermanfaat.....
Next article Next Post
Previous article Previous Post