-->

Selasa, 04 April 2017

author photo
Well, Keyword atau kata kunci memiliki dua jenis bentuk. Short dan Long Tail Keyword atau ekor pendek dan ekor panjang, :) . Tentu untuk memulai bisnis online, kedua macam keyword ini harus dipahami agar tak salah dalam menyusun strategi pemasaran.

Mengapa kedua macam keyword ini harus dipahami, karena biasanya jenis short tail keyword itu telah dikuasai oleh website besar dengan tingkat persaingan ketat. Namun, dari short tail itulah kemudian muncul long tail keyword yang beraneka ragam.

Perbedaan Jenis Short dan Long Tail Keyword

Sebenarnya apa sih Short dan Long Tail Keyword Itu?

Short tail atau ekor pendek adalah kata kunci utama yang biasanya hanya terdiri dari satu atau dua kata. Misalnya, Harga Asus, Asus Terbaru dan lain-lain. Jenis semacam ini, punya tingkatan persaingan yang tinggi.
Contohnya pada gambar hasil pencarian berikut dengan kata kunci "Harga Asus".
Kata "Harga Asus" adalah jenis short tail karena hanya terdiri dari dua kata. Dari hasil pencarian di atas terlihat sebanyak 634 ribu web atau blog yang bersaing dengan kata tersebut. Keyword ini juga bernilai uang karena terdapat juga iklan di hasil pencariannya. (Sangat penting untuk pemain Adsense).
Sementara long tail keyword memiliki kata yang cukup panjang dibanding short tail. pada dasarnya itu adalah versi lain dari short tail, namun dengan beberapa tambahan kata yang menunjang. Contohnya adalah kata "Harga Hp Asus Zenfone Terbaru".
Ketika kata itu diketikan di mesin pencari, website yang dihasilkan akan semakin sedikit. IItu artinya tingkat persaingan untuk kata kunci tersebut masih sangat kecil. Contohnya hasil pencarian diatas, hanya terdapat 210 ribu situs yang mengarah dengan kata kunci tersebut.
Tapi apakah semua kata kunci panjang bagus? tentu saja tidak. Kita harus juga memperhatikan, apakah dengan kata itu masih ada pengiklan atau tidak, Jika masih artinnya kata kunci itu punya nilai. Namun tidak hanya berakhir dengan nilai semata, tapi juga apakah ada orang yang mencarinya.
Bisa saja persaingan itu sedikit karena sama sekali tidak ada yang mencarinya. Untuk mengetahui hal ini, dilakukanlah riset dengan sejumlah peralatan.
Bagi pemula uang menjalankan bisnis online sangat disarankan menggunakan kata edor panjang. Hal ini penting agar tidak cepat terlindas dalam permainan keras.

Keunggulan Long Tail Keyword

Berikut adalah beberapa hal penting, mengapa long tail keyword itu lebih bagus.
  1. Lebih Bertarget
    Salah satu manfaat terbesar untuk kata kunci ekor panjang adalah Sobat dapat lebih memahami maksud dari pencari. Dengan menargetkan kata dengan pencarian terbatas, kemungkinan besar iklan atau situs sobat jauh lebih relavan dengan yang benar-benar orang cari ketimbang pencarian dengan istilah yang lebih umum.

    Ini akan membantu sobat untuk lebih fokus pada para pembeli yang memnuhi syarat, yang akan meningkatkan tingkat konversi, serta kemungkinan menurunkan biaya dan meningkatakan ROI (Return Of Invesmen).
  2. Kurang Kompetisi
    Jika sobat membangun satu situs jual beli maka long tail keyword itu penting, Karena Frase kata kunci ekor panjang masih kurang populer dan tidak berlaku untuk semua pencarian.

    Dengan valume pencarian yang rendah istilah inilah, pengiklan juga jauh lebih sedikit, Semakin sedikit pengiklan yang menawarkan kata kunci itu, berarti potensi yang ada jauh lebih tinggi. Karena untuk orang yang mencari, besar kemungkinannya mengklik iklan dan akhirnya melakukan pembelian. Bagi penayang iklan juga mendapat keuntungan.
  3. Biaya Lebih Rendah
    Bayar per-klik iklan utamanya di Google Adsense pada dasarnya adalah sebuah lelang untuk kata kunci, maka long tail keyword sangat bagus. Kerena pesaing yang kurang, berarti tidak perlu menawarkan dengan harga sebanyak untuk kata kunci tertentu atau frase tunggal.

    Ini secara teoritis membuat biaya per klik rata-rata dan CPA lebih rendah dari apa yang mungkin sobat habiskan untuk kata kunci ekor pendek.

Kekurangan Long Tail Keyword

Walau memiliki sejumlah kelebihan, bukan tidak ada pula kekurangan menggunakan kata kunci panjang. Walau pada dasarnya, kekurangan yang dimaksud bukan berarti penghambat. Hanya saja, proses yang dibutuhkan jauh lebih lama dan banyak.
Berikut kekurangan long tail keyword:
  1. Lalu lintas yang tebatas
    Sejak menetapkan pilihan pada kata kunci ekor panjang. maka frase kata kunci yang sobat sasar mungkin benar-benar spesifik. Tapi, sobat akan kehilangan pengunjung potensial yang mencari dengan kata kunci tunggal, dimana jumlahnya juga sangat banyak.

    Karena tidak terlalu banyak orang yang menggunakan frase ini ketika mencari, maka volume pencarian juga meungkin sering kali benar-benar rendah dan bahkan sama sekali tak ada kunjungan ke situs Sobat. Hal ini tak selalu berarti buruk.

    Kondisi ini memang tidak membawa tarif yang tinggi sekaligus, tetapi hal ini membantu dalam menemukan orang-orang yang berkualitas, Bagi pengiklan hal ini penting agar tidak menghabiskan dana untuk iklan hanya untuk mereka yang tidak membeli. Dengan berfokus pada beberapa kata kunci ekor panjuang, Sobat berpotensi membuat perbedan volume pencarian.
  2. Harus Mengkonversi Istilah
    Tidak bisa dipungkri, dari setiap kata kunci tunggal memiliki istilah-istilah yang melekat. Sementara untuk kata kunci dengan frase panjang. Istilah-istilah itu kadang harus dikonversi. inilah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

    Dengan menggunakan kata kunci ekor panjang Sobat harus bersedia membangun brand dari bawah. Apalagi jika dari awal telah mengusung kata dengan kepopuleran terbatas. Namun ini akan menjadi cikal-bakal munculnya kosa kata baru di internet dan sobat menjadi trenseternya. Walau untuk melakukan ini membutuhkan waktu.

Lalu, Gimana menemukan kata kunci yang tebaik dan alat bantunya?

Long tail keyword tidak berbeda jauh dari mengembangkan daftar kata kunci lainnya. ini adalah ide yang baik untuk memulai dengan melihat istilah pesaing, serta menganalisa website sobat sendiri untuk mendapatkan ide.
Melakuakan riset kata kunci bisa dengan berbagai cara, namun langkah yang paling terbaik adalah dengan menggunakan tools atau alat bantu. Sehingga kita bisa melihat dengan kalkulasi data, hal ini penting untuk membangun strategi ketimbang hanya mengandalkan analisis mata.
Langkah-langkah riset akan dijelaskan pada postingan lainnya. Jika masih ada pertanyaan tatu tambahan, tak ada salahnya meninggalkan komentar di kolom diskusi. Karena berbagi itu indah, dan sebaik-baiknya berbagi adalah ilmu yang bermanfaat.

Happy Blogging.
Next article Next Post
Previous article Previous Post