-->

Minggu, 01 Januari 2017

author photo
 Well... Kota pencarian dalam blog memiliki banyak fungsi, Blogspot juga menyediakan fasilitas ini pada pilihan widgetnya. Hanya saja, fasilitas default dari blogspot kurang interaktif dan kadang tidak akurat, bahkan belum mampu mencari artikel yang baru diposting, Olehnya itu dibutuhkan kotak pencarian baru.
Google Custom Searcg Engine adalah fasilitas yang disediakan google dalam sebuah pencarian yang disesuaikan, dibangun menggunakan teknologi pencarian inti Google, yang memprioritaskan atau membatasi hasil pencarian berdasarkan situs dan halaman sobat tentukan. dengan artikel yang banyak mendapatkan trafik organik, apa itu trafik organik?
Trafik organik atau organic traffic adalah lalu lintas masuk ke sebuah website yang berasal dari daftar pencarian tidak berbayar pada mesin pencari atau sebuah website direktor. Lalu lintas organik sebuah website dapat dihasilkan atau ditingkatkan dengan cara kita mendaftarkan atau memasukkan situ web ke website direktori, mesin pencari, dan lain-lain.

Cara Membuat dan memasang Google Custom Search Engine
Bagaimana sih cara mendapatkan trafik organik? Ada beberapa cara bisa ditempuh. antara lain ya menggunakan teknik-teknik SEO yang sudah banyak dibahas di berbagai blog. Namun kali ini, saya ingin memberi tips beda yakni dengan membuat google custom search yang di pasangkan pada blog kita. Dengan memanfaatkan google penelusuran ini maka trafik yang datang ke blog kita adalah sebagai berikut:
Blog kita => Google => Blog kita

Dengan alur lalu lintas trafik seperti itu, maka perujuk bagi orang masuk ke blog kita berasal dari mesin pencari google. Akibatnya sudah pasti, google sayang pada blog kita. dan semakin memberikan rating tinggi pada artikel-artikel blog kita. Jadi jelaslah bahwa pembuatan dan penempatan Google cutom search Engine di blog kita merupakan salah satu bentuk search engine optimization (SEO). Artinya Google custom search engine berfungsi sebagai penguat supaya SEO yang kita lakukan untuk blog kita.

Baca juga : 

Intinya, kotak pencarian google di blog kita hanya akan mencari artikel dari blog kita saja. (Baca juga: Cara Membuat tombol follow me twitter di blog)
Soal keakuratan tak usah diragukan lagi. Oleh karena itulah, Google Custom Search Engine ini memiliki nilai tambah dari kotak pencarian bawaan blogspot. Lalu bagaimana membuat dan memasangnya. saya akan berupaya memberikan penjelasan dari awal. Ok, penjabaran ini kita klasifikasi dalam tiga bagian.
Buat Lokasi Pencarian

Hal pertama yang akan kita buat adalah laman yang akan dijadikan sebagai lokasi hasil pencarian itu muncul. Cara membuatnya, sama dengan cara membuat laman/pages seperti biasa. Hanya saja isinya dikosongkan.
  • Login ke akun blogspot sobat terlebih dahulu, Lalu pilih tab Laman dan buat Laman Baru. Beri judul sesuai keinginan Sobat, misal "Pencarian" lalu pilih publish.
  • Setelah itu sisihkan. Kita akan kembali ke langkah ini nantinya.
Membuat Google Custom Search Engine
Selanjutnya kita akan membuat Google Custom Search Engine di halaman Google, Langkah-langkah dibawah ini telah dirunutkan sesuai peruntukan, Sehingga bisa diterapkan dengan mudah.
  • Pertama-tama login dulu ke alamat ini, http://www.google.com/cse/manage/all usahakan akun gmail sobat sudah terbuka agar tak harus memasukan email dan password lagi. Namun jika belum, silahkan login seperti biasa.
  • Jika sudah login, akn muncul laman seperti berikut. Pilih New Search Engine (ada dibagian kiri tab)
  • Halaman selanjutnya, memasukkan nama blog  atau web sobat dibagian Site to search. Sobat bisa memasukkan lebih dari satu alamat URL. lalu pilih bahasa yang sobat gunakan, Jika blog berbahasa Indonesia pilih Indonesia dibagian Language, setelah selesai tekan tombol Create.
  • Sejauh ini, langkahnya telah sukses. Sobat sudah bisa memasangnya, namun jangan dulu. Pilih Control Panel dibagian Modify Your Search Engine.
  • Dibagian Penyiapan sobat bisa memasukkan nama mesin pencari sobat dan deskripsi mesin pencari sobat serta memasukkan kata kunci ke mesin pencari, bisa juga mengaktifkan gambar di mesin pencari sobat. Silahkan diatur sendiri.
  • Jika telah puas mengatur dibagian Setup, selanjutnya pilih Tampilan dan nuansa dibawah menu penyiapan. Karena metode ini menggunakan laman hasil pencarian, pada pilihan web search pilih Dua laman, lalu klik Simpan & dapatkan kode dibagian bawah.
  • Akan terbuka halaman berisi script yang harus dipasang di blog. Namun, jangan dulu mengcopynya. Lihat dibagian atas, Search Result Details. Paste URL dari halaman Pages/Laman yang kita buat tadi. Misal https://catatanboed.blogspot.co.id/p/pencarian.html kemudian klik Save untuk menyimpan perubahan.
  • Nah, baru setelah terrefrest copy-lah semau script yang ada dalam kotak kode kedalam blog sobat. Pilih mode HTML/JavaScript dan simpan, lalu letakkan dimana sobat inginkan di blog sobat.
Rampungkan Pemasangan
Setelah kita memasang script yang pertama tadi kedalam sidebar (dimana pun sobat letakan). Hasil pencariannya belum akan muncul. Langkah-langkah berikut ini adalah proses merampungkan Cara membuat dan memasang Google Custom Search Engine.
  • Kembali ke halaman Google Custom Search Engine, dan lihat tombol dibawah script yang tadi sobat copy. Tekan tombol bertuliskan Next: Get Code for search results. Copy semua script yang muncul di halaman itu.
  • Selanjutnya kembali di Dashboard blogspot sobat. Pilih laman yang tadi sobat buat. Pilih edit dan rubah mode Compose menjadi mode HTML dan paste seluruh script tadi didalamnya. Setelah itu klik Perbarui/Update, Selesai.
Semoga penjabaran di atas bisa sedikit membantu. Bagaimana menurut sobat? silahkan tinggalkan komentar di kolom Disqus dibawah ini. Baca juga Cara Share Postingan Otomatis Kebanyak Sosial Media.
Next article Next Post
Previous article Previous Post